Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Pendek Yang Benar Sesuai Sunnah

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Pendek Yang Benar Sesuai Sunnah - Doa serta kemauan adalah dua hal yang perlu untuk diperhatikan dalam segalanya, sebab juga akan memastikan barokah atau tidaknya satu pekerjaan. Saat seorang lakukan suatu hal yang mana sebelumnya serta selanjutnya dibarengi dengan doa serta kemauan, jadi dapat di yakinkan pekerjaan itu juga akan jadi bertambah barokah, asal pekerjaannya yang di halalkan.

Demikian halnya dalam berbuka puasa serta makan sahur ramadhan, yang mana hal itu tidak cuma berbentuk makan semata namun di dalamnya memiliki kandungan satu beribadah, hingga alangkah sebaiknya bila kita mengawalinya dengan membacakan doa, supaya makanan serta apa yang kita makan memperoleh satu keberkahan, dan ini termasuk juga adab-adaban yang baik didalam agama islam.

Lantas bagaimana bacaan do'a kemauan berbuka puasa serta makan sahur itu, hal tersebut kelak juga akan kita ulas dibawah, yang pasti dapat kita amalkan dengan baik saat ingin berbuka puasa. Sesungguhnya kami percaya orang-rang telah banyak yang tahu mengenai bacaan doa buka puasa ini, tetapi kami berfikir, peluang diantara kita ada yang lupa atau belum juga tahu, bagaimana doa berbuka dan sahur yang sesungguhnya, karenanya silakan di hapal dengan sebaik-baiknya supaya dapat di amalkan.

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Pendek Yang Benar Sesuai Sunnah

Terdapat sebuah hadits shahih tentang doa berbuka puasa, yang diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,


ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ


“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah-ed.”
[Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki](Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678) [7]

Bisa juga dengan Doa buka puasa seperti yang bqanya di bacakan oleh masyarakat umum dengan bacaan:


اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت


“Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika afthortu” (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka).”

Namun doa yang ini di ambil dari Hadis yang di dikeluarkan oleh Ath-Thobroni dari Anas bin Malik yang mana sanadnya terdapat perowi dhaif yaitu Daud bin Az-Zibriqon, di adalah seorang perowi matruk. Al-Hafidz ibnu Hajar mengatakan:


وَإِسْنَادُهُ ضَعِيفٌ فِيهِ دَاوُد بْنُ الزِّبْرِقَانِ ، وَهُوَ مَتْرُوكٌ


Artinya :“Sanad hadis ini dhaif, karena di sana ada Daud bin Az-Zibriqon, dan dia perawi matruk.” (At-Talkhis Al-Habir, 3:54).

Jadi, dari hadits diatas dapat kita pelajari bahwa doa berbuka puasa yang benar sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut :


ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ


Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

Artinya :Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.

Tapi dengan bcaan yang biasa ita baja juga itu tidak apa-apa sehingga boleh-boleh saja, karena walaupun hadits doi'f juga kalau dalam menuju padhilah amal itu bisa di amalkan.

Itulah yang dapat kami sajikan bacaan doa buka puasa ramadhan pendek yang benar sesuai sunnah, begitu juga bacan doa puasa senin kamis sama halnya seperti bacaan doa berbuka puasa ramadhan, semoda debgan adanya artikel kami ini dapat bermanfaat bagi ita semua.

Advertisement